top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Pangdam XIV/Hasanuddin Melaksanakan Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satuan Yonkav 10/Mendagiri




MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Makassar - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, SH, MH yang di ikuti oleh para Asisten beserta para Kabalakdam XIV/Hasanuddin melaksanakan pengecekan kesiapan Operasi Satuan Yonkav 10/Mendagiri yang akan diberangkatkan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, bertempat di Mako Yonkav 10/Mendagiri jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Senin, 8/08/2022.


Yonkav 10/Mendagiri Batalyon Kavaleri merupakan Batalyon bantuan tempur di bawah kendali Kodam XIV/Hadanuddin yang akan diberangkatkan untuk mengikuti tugas pengamanan perbatasan RI RDTL di Wilayah Atambua,Sektor Barat.


Mengawali Sambutannya Pangdam mengucapkan "SELAMAT" kepada para prajurit Yonkav 10/Mendagiri yang telah mendapatkan kehormatan melaksanakan tugas mulia dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan RI - RDTL khususnya di wilayah Atambua, Sektor Barat.


"Berbagai rangkaian penyiapan yang telah dilakukan selama ini, seperti latihan pratugas yang di dalamnya terdapat materi pembekalan terkait materi tempur, teritorial, intelijen, hukum dan materi kesehatan agar di jadikan bekal selama penugasan di medan operasi, sehingga kalian dapat mengemban tugas secara profesional, proporsional dan penuh tanggung jawab". Ungkap Pangdam XIV/Hasanuddin.


"Saya minta agar satuan Ini melaksanakan orientasi secara cepat dan tepat, baik dari segi karakteristik, medan, masyarakatnya serta situasi dan kondisi daerah operasi, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang berpotensi merugikan diri sendiri maupun satuan." pesan Mayjen TNI Andi Muhammad.


Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad memberikan penekanan sebagai bekal dan pedoman dalam melaksanakan tugas di daerah operasi nantinya, yaitu :

  1. Utamakan Faktor Keamanan, baik Personel maupun Materiil dalam setiap kegiatan.

  2. Laksanakan Komando dan pengendalian secara Optimal, Efektif dan Efisien sehingga setiap saat Satuan Siap untuk di gerakkan.

  3. Pedoman Sapta Marga,SumpahPrajurit dan Delapan Wajib TNI serta Terapkan hasil Latihan Pratugas yang telah di latihkan sebagai bekal Pelaksanaan tugas di Daerah Operasi.

  4. Pahami Adat Istiadat dan kebiasaan Masyarakat serta situasi Yang berlaku di Daerah Operasi dari Kemungkinan terjadinya ancaman, Guna mengeliminir kerugian personel dan Materil.

  5. Kepada unsur Komandan, Kalian Harus dapat meyakinkan dan mengajak Anggotanya dalam menCapai keberhasilan tugas," Standar Pemimpin dilapangan adalah semua yang dilakukan Anggota Adalah Tanggung Jawabmu".

  6. Khusus Persenjataan,Munisi dan Bahan Peledak,lakukan Inventarisasi secara periodik, dengan mengacu kepada Tertib Administarsi serta Hindari penyalahgunaan oleh Oknum yang Tidak Bertanggung Jawab.

  7. Awali setiap kegiatan dengan DO'A, karena setiap keberhasilan Dan Kesuksesan yang terjadi, semua atas Kehendak Allah Subhahanahu Wata'ala,Tuhan Yang Maha Esa.

Courtesy: Ridwan Umar

27 tampilan0 komentar
bottom of page