top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAH 1 TURUT ANDIL DALAM KEGIATAN MANASIK HAJI CILIK




MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, MAKASSAR - Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal I Mengutus Anak Didiknya Mengikuti Kegiatan Manasik Haji cilik, Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Se Kec.Tamalate di Asrama Haji Sudiang Makassar,Minggu 12 Maret 2023 dengan mengikutkan anak didiknya sebanyak 21 anak di bawah bimbingan Ibu Guru Yuliana dan Ibu Nurmah.



Salah satu pembelajaran agama mudah yang bisa diikuti anak-anak sejak usia TK yaitu Manasik Haji, di mana orangtua dan guru di sekolah mulai mengenalkan rukun Islam yang ke 5 itu,ada beberapa manfaat mengikuti manasik Haji seperti di bawah ini.




Membantu anak memahami ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan jika mampu.

Suatu upaya melakukan pembelajaran nilai-nilai agama sejak dini dengan metode simulasi yang mudah.


Melatih disiplin anak sejak dini dengan melakukan urutan-urutan rukun haji secara tepat.


Mengikuti manasik haji akan mendatangkan kesan mendalam pada anak, sehingga dapat membentuk pribadi anak agar menjadi agamis sejak dini.


Aktivitas kognitif anak menjadi terangsang, karena dalam manasik haji anak akan banyak mendengar, menghapal, dan melantunkan doa-doa di tiap aktivitas yang berbeda, seperti saat sedang melempar jumrah, sa'i, atau thawaf.


Memberikan anak pengetahuan mengenai bentuk kabah sesungguhnya melalui replika yang sangat mirip dan memberitahukan apa fungsinya bagi umat Islam.


Menumbuhkan kecintaan anak terhadap agama Islam melalui ibadah haji dan memotivasi anak agar bisa melakukan ibadah haji nantinya ketika ia dewasa.



Dengan cara melihat, meniru setiap gerakan, melafalkan setiap doa, lambat laun akan membuat anak mengingat dan menghayati dengan kesungguhan dalam melakukan ibadah,Karena sudah menjadi sifat alamiah anak yang gemar meniru apa saja yang baru dilihat dan dipraktikannya seperti melakukan simulasi manasik haji tersebut,Dengan begitu nilai ketakwaan dan pemahaman anak mengenai agama Islam menjadi lebih besar dan jika sudah besar tidak menutup kemungkinan sang anak mencoba untuk mewujudkan rukun Islam yang ke 5 tersebut dengan sempurna.




Salah satu orang Tua siswa Akmaluddin saat ditemui media di lokasi mengatakan bahwa iyya mengaku senag dan anaknya Muh.Nur Akbar di ikutkan dalam kegiatan ini, dimana kegiatan ini Mengajarkan pendidikan agama pada Anak-anak penting dilakukan sejak dini. Sebab, usia anak-anak adalah waktu emas di mana daya ingat anak dapat dengan mudah menyerap informasi dan pembelajaran baru akan suatu hal, contohnya pendidikan agama,Tutupnya.




Mgi/Akmal

99 tampilan0 komentar

תגובות


bottom of page