top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

DIREKTORAT INTELKAM GELAR ACARA TUDANG SIPULUNG DGN MASYARAKAT NELAYAN DI KAB. BARRU


MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Makassar - Personil Direktorat Intelkam Polda Sulsel menggelar tatap muka dengan beberapa warga Nelayan Sumpang Binangae Kab. Barru di Salah satu rumah warga Jln. Tinumbu Merdeka Kel. Sumpang Binangae Kec. Barru Kab. Barru yang dikemas dengan gaya tudang Sipulung dan dihadiri beberapa perwakilan dari kelompok nelayan menggunakan jaring dan kapal bagang.



Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya konflik antara warga nelayan yang menggunakan rumpong dengan nelayan yang tidak menggunakan rumpong pada saat melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Kab. Barru dan menghimbau kepada seluruh warga nelayan tidak menangkap ikan dengan cara ilegal seperti Bom ikan dan Cantrang (trawa) karena kegiatan tersebut dapat merugikan masyarakat atau merusak ekosistem dan terumbu karang dilaut.



” Secepatnya kami akan koordinasikan instansi terkait untuk mencari solusi tentang keluhan para rekan rekan Nelayan di Barru, ” jelasnya.



Selain itu terkait dengan Ada nya Bom ikan dan racun/bius ikan diperairan wilayah Barru yang di duga nelayan dari luar Kab. Barru dengan ini kelompok Nelayan meminta agar segera menindak lanjuti agar tidak berlarut larut sehingga tidak menimbulkan permasalahan dengan nelayan Barru dengan Nelayan yang memakai Bom ikan ataupun Racun ikan.



Kegiatan tudang Sipulung merupakan salah satu program quickwin presisi dimana salah satunya mewajibkan pimpinan untuk tatap muka langsung dengan masyarakat khususnya di daerah pesisir.



“Harapannya kita ingin berhadapan langsung dengan warga dan mendengarkan permasalahan mereka yang ada di komunitas atau kelompok masyarakat yang belum terselesaikan , khususnya masalah hukum, ” terangnya.

“Kita akan membicarakan secara bersama-sama dan mencari solusi , dengan harapan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat bisa terus terjaga, ” Ujarnya.



Sementara itu salah satu Kelompok Nelayan Bapak ABDULLAH Mewakili keluarga besar nelayan kami sangat bersyukur dan berterimah kasih atas kedatangannya anggota dari Direktorat Intelkam Polda Sulsel untuk bertemu dalam rangka tudang sipulung, langkah ini murupakan bahwa Polda Sulsel mempunyai kepedulian terhadap masyarakat pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan, memberikan penjelasan dan motivasi kepada kami." tutur Abdullah

” kami selaku masyarakat nelayan selalu salut dan percaya atas kinerja kepolisian selama ini yang selalu dan senantiasa memberikan pelayanan, perlindungan serta mengayomi kami sebagai masyarakat, dan menindak tegas kepada nelayan yang menggunakan Bom ikan dan Bius.



” Mudah-mudahan kedepannya tetap seperti itu,melayani,melindungi dan mengayomi, polisi sahabat dan berteman dengan kami, ” tutupnya.






Mgi/Ridwan U.

11 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page