top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Simak 6 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh


KESEHATAN - Daun bidara atau Zizyphus mauritania adalah semak pohon yang cenderung berukuran kecil. Tanaman ini sangat bermanfaat pada bagian buahnya yang banyak digunakan untuk pembuatan obat. Daun bidara mengandung bahan kimia yang dapat menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah.

Manfaat daun bidara juga banyak belum diketahui oleh masyarakat. Padahal, tumbuhan ini dapat berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan.


Saking punya banyak manfaat, tak sedikit orang mengolah dan memanfaatkan daun bidara untuk dijadikan ramuan obat herbal dan tradisional.


Beberapa kandungan penting daun bidara adalah flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, daun bidara memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat meningkatkan efek peningkatan kesehatannya.


Berikut ulasan mengenai manfaat daun bidara:


1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu manfaat daun bidara untuk kesehatan. Serat daun bidara yang larut dalam air dapat membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat.


Cukup merebus daun bidara dalam air dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengikat kolesterol tersebut ke sistem pencernaan, sehingga tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh tidak mencapai 240 mg/dl.


2. Menurunkan Berat Badan Salah satu manfaat mengkonsumsi daun bidara adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, daun bidara mengandung banyak protein dan serat yang baik dikonsumsi saat diet. Selain itu, daun bidara termasuk ke dalam makanan rendah kalori yang dapat membuat perut Anda terasa lebih kenyang.


3. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu dari sekian banyak manfaat kesehatan daun bidara adalah kemampuannya untuk memperkuat tulang dan gigi. Gigi dan tulang dapat tertata dengan baik karena kandungan kalsium mineral daun bidara yang tinggi.


Daun bidara bisa menjadi solusi agar gigi dan tulang tidak mudah keropos dan menjaga stamina kesehatannya.


4. Perkuat Imunitas Tubuh

Dapat hidup di daerah yang kering, jadi jangan heran jika pemilik nama latin Ziziphus mauritiana ini bisa hidup dengan baik di daerah yang panas.


Di Indonesia dengan iklim tropis, ini tumbuh dengan subur. Tak heran, jika khasiat satu ini sering disukai banyak orang.

Karena salah satu manfaat daun bidara adalah bisa memperkuat imunitas tubuh dan mencegah gejala flu.


Apalagi di cuaca yang tak menentu ini, minum ekstrak daun bidara bisa jadi solusi tepat.


5. Meningkatkan Nafsu Makan Daun bidara juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Sehingga mengkonsumsi daun bidara sangat efektif jika Anda mempunyai masalah nafsu makan. Selain itu, jika nafsu makanan menurun, hal tersebut membuat imunitas juga kian menurun yang mana meningkatkan risiko terserang penyakit.


6. Menurunkan Berat Badan Salah satu manfaat mengkonsumsi daun bidara adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, daun bidara mengandung banyak protein dan serat yang baik dikonsumsi saat diet. Selain itu, daun bidara termasuk ke dalam makanan rendah kalori yang dapat membuat perut Anda terasa lebih kenyang.


Dalam Islam, manfaat daun bidara juga terkenal sebagai bagian dari pengobatan religius.

Sering dipakai untuk mengusir jin atau sihir yang ada pada manusia.

Dikenal juga dengan rukyah, manfaat daun bidara ini disebutkan dalam Alquran.

Alquran menyebutkan daun bidara di beberapa ayat, meliputi:

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu.


Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri...” (QS. al-Waqi`ah (56) : 27-29).

"Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar,

Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Bidara." (QS. Saba :16).


Hal ini yang membuat bidara sering dipakai dalam ritual rukyah serta pengobatan herbal lainnya.


Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat daun bidara yang bisa dirasakan.

Pastikan daun bidara yang digunakan bebas bahan kimia dan bersih.




Editor : Akmal

37 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page