top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Bimtek Narkotika dan HIV AIDS di Kampus Universitas Sawerigading Makassar

MEDIAGEMPAINDONESIA.COM MAKASSAR - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Anti Narkoba dan HIV Aids (UKM-LANHA) Universitas Sawerigading Makassar menggelar bimbingan teknis Anti Narkoba & HIV/AIDS dan Pameran Anti Narkoba & HIV/AIDS dalam rangka peringatan hari AIDS Se-Dunia tanggal 1 Desember 2023.


Acara bimtek tersebut diikuti 20 orang peserta dan dibuka oleh Wakil Rektor 3 Universitas Sawerigading Makassar, Dr. Amran Sjahruddin, SH,M.Hum, MM, yang diwakili pembina UKM LANHA, Asbullah Thamrin, SH.MH, di gedung serba guna kampus Universitas Sawerigading lt.2 Makassar, Kamis, 14/12/2024.


Dimulai dengan pembukaan oleh protokol, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, sambutan Ketua UKM LANHA, sambutan Wakil Rektor 3, penyajian materi dan pembacaan doa.


Ketua UKM LANHA, Dian Anggraeni dalam penyampaiannya mengatakan bahwa peran UKM LANHA di lingkungan kampus sangat dibutuhkan.


Menurutnya, sejak berdiri 2 januari 2013, UKM LANHA telah banyak memberikan konstribusi melalui kegiatan positif dikampus.


" UKM LANHA sebagai benteng pencegahan peredaran Narkotika di kampus dan di lingkungan masyarakat sekitarnya", tegas Dian Anggraeni


Sementara pembina UKM LANHA, Asbullah Thamrin, SH.MH, mewakili Wakil Rektor 3 Universitas Sawerigading, Dr. Amran Sjahruddin, SH, M.Hum, MM, memaparkan akan peran penting UKM LANHA bagi mahasiswa sebagai generasi muda untuk menjaga diri dan keluarga dari bahaya narkoba dan HIV-AIDS.


"Berangkat dari adanya keprihatinan terhadap kondisi masyarakat dan mahasiswa dimana kampus kita ini berada dilingkungan masyarakat padat penduduk, ditambah maraknya peredaran narkotika sebagai ancaman, maka UKM LANHA ini berdiri.


Sejalan dengan perjalanan waktu, lanjut Asbullah, UKM LANHA sudah banyak memberikan prestasi, kemitraan dengan pihak aparat kepolisian, BNN Sulsel, kemitraan lintas kampus dan kegiatan sosial lainnya.


"Beberapa tempat juga sudah kita kunjungi semua dalam rangka pemberian edukasi tentang bahaya peredaran narkotika dan HIV-AIDS. Selain itu, UKM LANHA sudah banyak mendapat penghargaan", ungkapnya.


Dalam sesi materi bimtek, secara teoritik penggiat LSM Narkotika Sulsel, ibu Martini mengatakan jika HIV dan AIDS adalah penyakit yang bisa ditularkan melalui kontak dengan luka, dara, air mani, dan cairan vagina dari orang yang terinfeksi virus.


Dikatakannya, HIV (human immunodeficiency virus) merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.


"AIDS adalah kependekan dari 'Acquired Immune Deficiency Syndrome'. Acquired berarti didapat, bukan keturunan. Immune terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang sudah rusak", paparnya.


Pemateri lainnya, Ahmad, SH, MH juga menjelaskan hal yang sama. Menurutnya, Virus HIV akan sangat mudah menular ketika seseorang dengan latar belakang terkena virus HIV melakukan hubungan suami istri dengan pasangannya tanpa menggunakan alat pengaman berupa kondom. Karena pertukaran cairan yang terjadi ketika berhubungan seks akan menjadi penyebab utama virus itu bisa berpindah dan menyebar.


"Saya himbau agar yang ikut bimtek ini supaya ikut bersama-sama menjaga bangsa ini, menjaga kampus kita, menjaga keluarga, menjaga diri kita, dan menjaga masyarakat dilingkungan kita dari bahaya Narkotika HIV-AIDS", kata Ahmad, SH, MH, Advokat, LKPH Universitas Sawerigading Makassar.




Mgi/Ridwan U

Sumber : OMBINTANG

7 tampilan0 komentar
bottom of page