top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Perkuat SDM Matra Laut, 257 Putra Terbaik Ikuti Pendidikan Prajurit TNI AL di Satdik-2 Kodiklatal

MEDIAGEMPAINDONESIA.COM MAKASSAR - Dalam rangka memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Matra Laut, sebanyak 257 Putra Terbaik resmi mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan XLIII Tahun 2023, yang dibuka langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono, bertempat di Lapangan Apel Mako Satuan Pendidikan - 2 (Satdik-2) Kodiklatal, Jalan Perintis Kemerdekaan Km.17 Makassar. Senin, (27/03/2023).



257 siswa yang terdiri dari 106 Siswa Dikmaba, dan 151 Siswa Dikmata TNI AL tersebut merupakan Putra terbaik daerah yang berasal dari pendaftaran Makassar, Tarakan, Kupang dan Manado. Para siswa nantinya akan dididik di Satdik-2 Makassar selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, yakni Tahap Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarit) selama tiga bulan, Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol) selama satu bulan dan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) selama dua bulan.



Dankodiklatal dalam amanatnya mengungkapkan rasa bangga kepada para siswa yang memilih TNI AL sebagai pengabdian kepada bangsa dan negara, oleh karenanya para siswa juga harus bangga telah lolos melewati tahapan-tahapan seleksi penerimaan yang ketat. Namun, kebanggaan tersebut harus diimbangi dengan mengikuti pendidikan sebaik-baiknya, karena sejak saat ini secara resmi telah menjadi siswa di lembaga pendidikan TNI AL yang harus tunduk dan patuh pada semua peraturan pendidikan yang telah ditetapkan di Kodiklatal.

“Pendidikan Pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali Calon Bintara dan Tamtama TNI AL yang Berjiwa Pejuang Sapta Marga, memiliki Kesamaptaan Jasmani sesuai Standar Pembinaan Jasmani (Binjas) TNI, memiliki Pengetahuan dan Keterampilan Dasar Keprajuritan serta Kematralautan, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Prajurit TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh,”



Lebih lanjut Dankodiklatal berpesan "Agar seluruh siswa memupuk Jiwa Korsa dan kebersamaan diantara siswa untuk menunjang kelancaran belajar dan mendukung tugas-tugas selama dalam pendidikan. Dan menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri serta keluarga, dengan mulai belajar untuk berpikir serta bertindak cerdas, agar tidak melakukan pelanggaran yang bisa membuat saudara dikembalikan ke masyarakat".



“Kepada Komandan Satdik-2 Makassar beserta seluruh Jajaran Instruktur dan Pembimbing Siswa (Bingsis) saya perintahkan untuk melaksanakan Pogram Pendidikan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dan memperhatikan keselamatan maupun keamanan personel, agar tujuan dan sasaran pendidikan tercapai secara optimal. Serta tekankan kepada para siswa agar menyiapkan fisik dan mental untuk menghadapi latihan dasar keprajuritan yang cukup berat. Ikuti setiap kegiatan pendidikan, dengan tekad dan semangat tinggi, karena kesiapan fisik dan mental akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program pendidikan,” tegas Letjen TNI Marinir Suhartono.



Sebelumnya pembukaan pendidikan Dikmaba dan Dikmata TNI AL yang mengutamakan Putra daerah Papua dan Maluku juga telah dilaksanakan pada Senin, (20/03/2023) lalu di Satdik-3 Sorong, yang dibuka oleh Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono yang diikuti sebanyak 206 siswa terdiri dari Dikmaba 106 orang dan siswa Dikmata sebanyak 100 siswa.








Mgi/Ridwan U

Sumber: Dinas Penerangan Kodiklatal.

12 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page