top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

KASAD Award 2023: Bersama Merawat Kebangsaan.



MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, JAKARTA - Acara puncak KASAD Award 2023 akan berlangsung malam ini, Senin, 10 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Aula A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta. Sebanyak 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus berhasil menjadi pemenang penghargaan tersebut.



KASAD Award merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka. Sepuluh isu strategis yang menjadi katagori penilaian ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.


"Kami berharap apresiasi untuk media ini dapat memotivasi rekan-rekan media dan masyarakat luas dalam menyebarkan pesan positif demi mendorong kemajuan Indonesia," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigadir Jenderal Hamim Tohari, Senin, 10 Juli 2023.


KASAD Award menyaring pemberitaan media daring sejak Mei 2022 sampai Mei 2023 berdasarkan 10 kategori. Berikut 10 kategori tersebut:


- Keberagaman dan Toleransi

- Melawan Radikalisme

- Pengarusutamaan Gender

- Inovasi Digital

- Solidaritas Internasional

- TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat

- Pembangunan di Daerah 3T

- Perlindungan Anak

- Menekan Stunting

- Pelestarian Kebudayaan


Dari situ, terjaring hampir 3 juta data dari 221 media. Panitia KASAD Award kemudian menyaring lagi berdasarkan nama-nama perusahaan media yang terverifikasi di Dewan Pers, kecuali media kampus, dan jumlah pemberitaan sesuai kategori tadi. Kemudian tercatat 72 media yang masuk tahap final dengan 2.030 naskah yang dinilai oleh dewan juri.


Dewan juri KASAD Award terdiri atas tujuh tokoh yang mumpuni di bidang masing-masing. Mereka adalah Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu yang juga sebagai Ketua Dewan Juri KASAD Award, Kadispenad Brigadir Jenderal Hamim Tohari, peneliti komunikasi Effendi Gazali, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Ismail Hasani, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, dan dua perwakilan perusahaan media, yakni Arif Zulkifli dari Tempo dan Sonya Hellen Sinombor dari Kompas.


Puncak acara KASAD Award yang akan digelar malam ini akan dihadiri oleh sejumlah menteri, pejabat negara, serta sejumlah selebritas. Menghadirkan Kartika Symphoni Orchestra TNI Angkatan Darat sebagai pengiring alunan nada. Tahun lalu orkestra TNI AD ini tampil di Gyeryong World Military Culture Expo di Korea Selatan. Kartika Symphoni Orchestra TNI AD juga berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat nasional dan internasional.


(Mgi/RU)

10 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page