top of page
  • Gambar penuliszainal Munirang

LSM Gempa Indonesia, kecam penolakan RS Stella Maris Makassar terhadap balita jantung bocor

WWW.MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Makassar- Hasil Investigasi Tim Pencari Fakta LSM Gempa Indonesia dengan Keluarga Balita Jantung bocor, Rumah Sakit Stela Maris Makassar menjadi harapan Ibu Husni Ibunda Balita Jantung Bocor, untuk memperoleh pelayanan kesehatan disaat Balitanya dalam keadaan darurat, yaitu saat balitanya mengalami sesak Nafas.


Namun Rumah sakit Stella Maris Makassar, abaikan kewajiban memberikan pertolongan pertama pada pasien dahulu, pasien langsung disuru pulang dengan alasan tidak ada alat,kata ibu Balita, Jumat 15 Juni 2023 lalu.

Menerima laporan berdasarkan Hasil Investigasi Tim Pencari Fakta LSM Gempa Indonesia di rumah kediaman orang tua balita,Di Jalan Onta Baru, Kelurahan Mandala Kec. Mamajang, Makassar.


Ketua Umum LSM Gempa Indonesia Amiruddin S.H Kr. Tinggi angkat Bicara, Saat di jumpai Media , beliau mengatakan fasilitas pelayanan kesehatan baik pemerintah, maupun swasta dilarang menolak pasien dan/atau meminta uang muka. Hal ini ditegaskan dalam Pasal 32 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan (“UU Kesehatan”)


Hal yang sama juga dipertegas dalam Pasal 85 UU Kesehatan terkait dalam hal keadaan darurat pada bencana,yang berbunyi:

(1) Dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan kesehatan pada bencana bagi penyelamatan nyawa pasien dan pencegahan kecacatan.

(2) Fasilitas pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada bencana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang menolak pasien dan/atau meminta uang muka terlebih dahulu.


Dalam hal perbuatan tersebut mengakibatkan terjadinya kecacatan atau kematian, pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau tenaga kesehatan tersebut dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Dalam Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit juga dikenal istilah gawat darurat.


Gawat darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut. Demikian yang disebut dalam Pasal 1 angka 2 UU Rumah Sakit.


Lanjut Kr. Tinggi, Mengacu pada pasal di atas, Balita Jantung Bocor dan mengalami sesak nafas dapat dikategorikan sebagai peristiwa dalam keadaan gawat darurat yang butuh tindakan medis secepatnya. Oleh karena itu, fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit Stela Maris wajib memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk tindakan medis.


Ia meminta agar Dinas kesehatan provinsi dan kota madya harus turun untuk memproses rumah sakit Stella Maris atas penolakan ini agar ada efek jera,Perlu diketahui, ada sanksi pidana bagi rumah sakit yang tidak segera menolong pasien yang sedang dalam keadaan gawat darurat, Tutup Kr. Tinggi.


(Red) Mgi Akmal

Editor Zainal Munirang



Comments


bottom of page