top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Kapolda Diminta Periksa Kades Allamungeng Patue Kab.Bone

MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Bone - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan diminta memeriksa Kepala Desa (Kades) Allamungeng Patue, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone ini, terkait dengan kondisi Pembangunan Talud Perkerasan Jalan TanI TA. 2020

Pasalnya, pondasi talud penyangga pada proyek perkerasan jalan tani tersebut, tidak di temukan adanya galian pondasi. Padahal, anggaran dari proyek talud dan perkerasan jalan tani ini menelan anggaran sebesar Rp 152.245.000, melalui dana desa TA. 2020, diduga dikerjakan “asal-asalan" oleh Kepala Desa.


Dari hasil pemantauan pencari fakta LSM - Gempa DPD II Bone, di lokasi pembangunan, menduga pembangunan talud tersebut dikerjakan tidak sesuai konstruksi serta tidak memenuhi standar spesifikasi teknis sebagaimana pekerjaan talud.


Menurut Andi Burhanuddin (pencari fakta LSM - Gempa DPD II) Kabupaten Bone Kamis, (2/2/2023) kepada media ini, ada dugaan terjadi penyelewengan anggaran dalam pembangunan Talud Jalan Tani, salah satu indikasnya dengan hanya ditemukannya volume panjang dalam prasasti.


Parahnya, pemasangan batu gunung hanya terlihat diletakkan lalu diberi semen, sebab tidak terdapat galian tanah pada proses pengerjaannya, hanya mengikis sedikit tanah atau membersihkan rumput di lokasi proyek.


Dikatakan, apakah pembangunan talud yang dibangun di desa Allamungeng itu, sudah sesuai konstruksi dan memenuhi standar spesifikasi teknis pekerjaan talud atau belum, yang berfungsi menjaga struktur tanah agar tidak bergeser, ungkapnya.


Kemudian bahan yang digunakan apakah sudah memenuhi standar dalam RAB atau belum. Karena, untuk pembuktian bahwa pekerjaan talud tersebut ada unsur korupsinya harus didukung dengan data dan bukti yang cukup.


Andi Burhanuddin meminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal Kapolda, untuk segera mengusut tuntas dugaan korupsi pembangunan talud dan perkerasan jalan tani, yang di lakukan oleh salah satu oknum kepala desa yang ada di Kecamatan Ajangale, harapnya.

Kepala Desa yang dihubgi via hand phone belum dapat dikonfirmasi terkai pembangunan talud dan perkerasan jalan tani.




Akmal

182 tampilan0 komentar
bottom of page