top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Tahun Ini, SMK Negeri 5 Gowa Tamatkan 225 Siwa


MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, GOWA, - SMK Negeri 5 Gowa meluluskan 225 siswa untuk peserta didik tahun ajaran 2022/20223


Siswa yang lulus ini mengikuti acara penamatan dan perpisahan di gedung Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) Desa Paccellekang, kecamatan Pattallassang, Selasa (23/5/2022).


Acara penamatan dan perpisahan bertajuk Graduation Reinassance 23 SMK Negeri 5 Gowa itu dihadiri seluruh siswa yang tamat, ketua komite sekolah dan pengurus, Kasi Pembinaan SMK Cabdis Wilayah II Disdik Sulsel, Sadat Siddik, Mantan Kepala SMK Negeri 5 Gowa, Muh Yusuf, mitra usaha, segenap guru SMK Negeri 5 Gowa serta orang tua.


Graduation Reinassance 23 diawali dengan tari padduppa.



Plt Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 5 Gowa, Muhammad Ilyas dalam laporannya menyampaikan, bahwa tahun ajaran 2022/2023 ada 234 peserta didik yang terdaftar ikut ujian.


Akan tetapi yang dinyatakan lulus hanya 225 siswa. 9 siswa di antaranya dinyatakan tidak lulus karena tidak mengikuti prasyarat kelulusan. Yaitu Praktek Kerja Industri (Prakerin), ujian kompetensi dan Ujian Akhir Sekolah (UAS).


"9 siswa yang tidak lulus itu, tidak mampu menuntaskan Prakerin yang menjadi syarat mengikuti ujian kompetensi dan Ujian Akhir Sekolah. Alasannya mereka tidak mengikuti prasyarat kelulusan karena pernikahan dini. Alasan lainnya karena membantu orang tuanya," ujar Muhammad Ilyas.


Ilyas mengungkapkan, angkatan 23 yang yang lulus tahun ini memang melalui banyak tantangan. Salah satunya masalah Pandemi Korona.


"Angkatan 23 ini angkatan full korona. Sejak awal masuk sekolah di SMK Negeri 5 Gowa, mereka dipaksa belajar daring. Alhasil, banyak di antara siswa yang lulus ini tidak mengenal wajah gurunya. Karena mereka belajar full daring. Makanya, saya mengapresiasi semangat mereka yang berhasil menuntaskan pembelajaran selama tiga tahun hingga bisa lulus," ungkapnya.


Ilyas pun mengucapkan selamat kepada 225 siswa yang telah menyelesaikan pembelajaran selama kurang lebih 3 tahun di SMK Negeri 5 Gowa.


"Semoga yang lulus ini dapat langsung mendapat kerja atau menciptakan lapangan kerja mandiri. Sebab, SMK itu memang fokus bekerja dan berwirausaha," terangnya.


Ketua Komite SMK Negeri 5 Gowa, Muh Arif turut mengucapkan selamat terhadap 225 siswa yang berhasil tamat tahun ini.


Ia pun berpesan, agar kedepan tetap menjaga nama baik sekolah di luar. "Apa yang diajarkan di SMK Negeri 5 Gowa, baik itu etika dan sopan santun tetap dijaga dengan baik, agar citra sekolah di luar tidak rusak," imbuh Arif.


Kepala Seksi Bidang SMK Cabdis Wilayah II Disdik Sulsel, Sadat Siddik mengapresiasi manajemen SMK 5 Gowa yang profesional. Sehingga, Ia meyakini lulusan SMK Negeri 5 Gowa itu berkualitas dan bisa bersaing di dunia kerja.


"Saya sering ikuti ujian UKK di SMK. Penamatan saya SMK Negeri 5 Gowa ini Paling siap," katanya.


Acara Graduation Reissanance 23 SMK Negeri 5 Gowa itu diwarnai dengan pemberian hadiah kepada 18 alumni terbaik dari 6 kompetensi keahlian. (Daftar alumni terbaik lihat grafis di bawah).


Wakasek Kesiswaan Syahrianti Iskandar,S.Pd.M.Pd,bacakan nama-nama Alumni Terbaik Angkatan XI Tahun Pelajaran 2022/2023 dari Setiap Kompetensi Keahlian


A. Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)


Terbaik 1 diraih oleh : Syawal Nurhidayat

Terbaik 2 diraih oleh : Andi Asri Mulyadi

Terbaik 3 diraih oleh : Muh.Ashar Nur


B. Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (TPM)

Terbaik 1 diraih oleh : Muh.Fadil Rahmatullah

Terbaik 2 diraih oleh : Rendi

Terbaik 3 diraih oleh : Syam Suaib

C. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif(TKRO):

Terbaik 1 diraih oleh : Arfian

Terbaik 2 diraih oleh : Muhammad Iksan Ilyas

Terbaik 3 diraih oleh : Satrio

D. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Terbaik 1 diraih oleh : Mursalin

Terbaik 2 diraih oleh : Muh.Yahya Pallangga

Terbaik 3 diraih oleh : Moh.Fariz R

E. Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Terbaik 1 diraih oleh : Restu Ayu Saputri

Terbaik 2 diraih oleh : Muh. Arkam

Terbaik 3 diraih oleh : Salsa Nabila Sahar

F. Kompetensi Keahlian Multimia (MM)

Terbaik 1 diraih oleh : Suci Ramadhani

Terbaik 2 diraih oleh : Salmiah

Terbaik 3 diraih oleh : Sri Wulan Ramadhani,



Mgi/Nur

10 tampilan0 komentar
bottom of page