• Redaksi Media Gempa

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel Menyelenggara Pelatihan Jurnalistik Dasar & Lanjutan 2022



MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Takalar -

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Continent Centrepoint Makassar, (25/8/2022).


Pelatihan ini mengangkat tema ” Menciptakan wartawan yang profesional dan beretika di era digital.


Pelatihan tersebut di ikuti berkisar 76 orang dari beberapa Kabupaten, tetapi peserta terbanyak dari Kabupaten Takalar. Pelatihan dasar berkisar 65 orang dan lanjutan sebanyak 11 orang, serta ada dari Humas Polri Resort Pelabuhan Makassar yang ikut ambil bagian dalam pelatihan tersebut.


Pemateri Faisal Syam, yang mengupas terkait langkah dan dasar membawa tugas tugas jurnalis. Pada jam pertama kegiatan pelatihan jurnalis, kesempatan ini ada sesi tanya jawab langsung sehingga suasana terasa bersinergi.


Di jam kedua dilanjutkan pemateri Arsyad, yang menjelaskan terkait penulisan kasus dan jerat hukumnya serta menampilkan beberapa contoh kasus besar yang di tayangkan melalui layar LCD di hadapan peserta pelatihan jurnalis. Dikesempatan yang sama juga ada sesi tanya jawab langsung, pemateri dan peserta.


Arsyad, juga bawakan metode prinsip investigasi di era digital yang cukup menarik ilmunya untuk di teruskan dalam mengejar fakta untuk kebutuhan publik.


Di hari yang sama, H. Manaf Rahman bawakan materi terakhir, menerangkan seputar lingkup PWI serta tujuan dan fungsi di tengah masyarakat, juga terkait acuan UU kode etik wartawan yakni undang undang pers no 40 tahun 1999.


H. Manaf juga singgung seluruh kode etik wartawan dan pasal-pasalnya, baik kewajiban dan larangannya.


Tiga orang pembawa materi berasal dari Pengurus utama PWI Sul Sel, semoga dengan kegiatan pelatihan tersebut menjadikan semua peserta dapat dan mampu untuk melaksanakan sesuai tema pelatihan jurnalistik dasar dan lanjutan pada tahun ini 2022. Sehingga beberapa Kabupaten yg belum sempat hadir dapat dan mampu untuk melakukan di tahun atau bisa ikut 5 tahun kedepannya.


Kesempatan dalam kegiatan ini peserta dari PWI kabupaten Takalar turut mengambil bagian didampingi Ketua PWI Takalar, Hasdar Sikki.


Courtesy: Jufri

54 tampilan0 komentar