top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Kabupaten Gowa Kaya Sumber Daya dan dikenal Memiliki Kearifan Lokal.


MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, GOWA - Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia Amiruddin SH Karaeng Tinggi berbicara sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya mineral. Kabupaten Gowa, terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan daerah yang kaya akan berbagai sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya mineral.


Sumber Daya Alam adalah:

Gowa memiliki bentang alam yang bervariasi, dari dataran rendah hingga pegunungan. Hutan di Gowa menyediakan kayu, dan berbagai jenis flora yang bermanfaat. Daerah ini juga memiliki lahan pertanian yang subur, menghasilkan berbagai komoditas seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, sektor perikanan di Gowa cukup berkembang, seperti ikan dan udang.


Sumber Daya Manusia adalah :

Populasi Gowa terdiri dari masyarakat yang beragam dengan potensi sumber daya manusia yang besar. Warga Gowa dikenal memiliki kearifan lokal dan budaya yang kaya, dengan tradisi yang masih dipertahankan hingga kini. Pendidikan di Gowa terus berkembang dengan adanya berbagai sekolah dan institusi pendidikan yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kerajinan tangan dan industri kreatif juga berkembang, memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi daerah.


Sumber Daya Mineral adalah:

Kabupaten Gowa juga menyimpan berbagai sumber daya mineral yang berharga. Beberapa mineral yang ditemukan di daerah ini antara lain adalah emas, pasir kuarsa, dan batu gamping. Eksplorasi dan penambangan mineral di Gowa dikelola dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, berupaya untuk menjaga keseimbangan antara pemanfaatan sumber daya dan pelestarian alam.


Karaeng Tinggi mengatakan bahwa, Secara keseluruhan, Kabupaten Gowa memiliki potensi besar dalam mengembangkan sumber daya alam, manusia, dan mineralnya. Dengan pengelolaan yang baik, daerah ini dapat terus tumbuh dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya apabila dikelola dengan baik.


Kabupaten Gowa ini apabila dikelola dengan baik memanfaatkan sumber daya manusia maka mampu mensejahterakan rakyat,dan apabila rakyat Gowa sejahtera karena karena pengelolaan sumber daya alam maka,

Gowa sudah mengacu yang dikenal daerah Otonomi tutupnya.


MGI/Ridwan.

161 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page