top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Danrem 121/Abw Buka Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya TA 2023

MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, KALIMANTAN BARAT - Pangdam XI Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M.,diwakili Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief membuka sekaligus melepas etape pertama Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) TA 2023. Upacara pembukaan berlangsung di Makodim 1210/Landak Minggu 17 Desember 2023.


Kegiatan Peleton Beranting YWPJ ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-75 Korps Infanteri TNI Angkatan Darat yang jatuh setiap tanggal 19 Desember. Bertemakan, "Infanteri Yang Profesional, Modern Dan Dicintai Rakyat".


Upacara diawali dengan pembacaan sejarah lintas peristiwa dilanjutkan penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, kemudian penyerahan simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya, dilanjutkan pembacaan amanat Jenderal Besar Soedirman dan ikrar Korps Infanteri.


Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam amanat yang dibacakan Danrem 121/Abw mengatakan, kegiatan ini merupakan napak tilas perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dan wujud kebanggaan Korps Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran.


"Serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada para generasi muda TNI Angkatan Darat," katanya.


Pangdam menjelaskan, hakikat kegiatan gerak jalan Peleton Beranting ini bukan sekedar memberikan kesan peristiwa yang seremonial atau kegiatan penciptaan kebanggaan dalam arti sempit, melainkan upaya menggali nilai-nilai patriotisme.


"Dan tradisi yang menjadi sumber kekuatan dan semangat bagi pemantapan kejuangan serta peningkatan keteramplan dan kemahiran olah yuda prajurit Infanteri guna melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia di masa mendatang," jelasnya.


Peleton Beranting YWPJ Tahun ini akan dilaksanakan 3 hari menempuh 8 etape dan finish di Kecamatan Entikong, Sanggau. Pada etape pertama ini dilaksanakan oleh Peleton Inti dari Yonif 644/Wls dan Peleton Pengantar dari Yonarmed 16/TK menempuh jarak 21 KM.



Mgi/Akmal

7 tampilan0 komentar
bottom of page