• Redaksi Media Gempa

SANIMAS KSM BULU ASE di Sinjai Diduga Mencemari Lingkungan, Dinas & Camat Terkait Wajib Turun Tangan


MEDIAGEMPAINDONESIA.COM, Sinjai - Sumber mata air anak sungai wae puttang desa lamattiriattang tercemar.

 

Menolak lupa bahwa mata air wae puttang adalah sumber mata air di Desa Lamatti Riattang, dimana sumber mata air ini tak pernah kering meski musim kemarau, satu-satunya mata air yang sangat di harapkan warga Dusun Satenggah Desa Bulu Tellue untuk di gunakan mencuci pakaian, mandi, serta untuk di minum di musim kemarau, bahkan warga di luar Dusun Satenggah pun memanfaatkan mata air ini jika acara pengantin pada musim kemarau.

 

Mata air ini melewati jalur anak sungai wae puttang yang mengarah ke sungai tobalo, tapi harapan itu pupus setelah pembangunan Sanimas KSM Bulu Ase selesai, tahun 2021 hingga hari ini.

Menindaki laporan masyarakat dan hasil dari tinjauan LSM Gempa Indonesia 'Akmaluddin'(10/10/2022) bahwa bak penampungan limbah tinja di Dusun Sahoddi, Desa Lamatti Riattang, Kec. Bulupoddo ini, di bangun di pinggir anak sungai Wae Puttang menampung limbah tinja kurang lebih 40 rumah, dan pembuangan air pada bangunan limbah tinja  tersebut di buang ke anak sungai kecil yang mengarah ke anak sungai sumber mata air Wae Puttang, hingga membuat sungai Wae Puttang tercemar, mengakibatkan warga Dusun Satenggah tidak bisa lagi memanfaatkan sumber mata air satu-satunya itu jika musim kemarau, kami punya bukti dokumentasi imbuhnya kepada media.


Lanjut Akmal, tentunya ini merupakan PR bagi dinas lingkungan hidup Kab. Sinjai, Camat Bulupoddo, Kapolsek Bulupoddo, Kepala Desa Lamatti Riattang, dan Kepala Desa Bulu Tellue, untuk mencari solusi untuk masyarakat Bulu Tellue Dusun Satenggah.


Sebelumnya masalah ini sudah di adukan oleh warga ke Kepala Desa Lamatti Riattang yang baru, tapi tidak ada tindakan, saya selaku pemerhati masyarakat sangat menyayangkan pembangunan yang kurang perhitungan, jika ada unsur ke sengajaan di proses secara hukum, kata akmal.


Sampai dengan terbitnya berita ini Kepala Desa Lamatti Riattang masih berusaha di konfirmasi, atas perhatiannya kami ucapkan terimah kasih.

Hormat kami`Pemerhati Masyarakat’.

102 tampilan0 komentar