top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Bacaleg Gerindra Dapil 2, Sosialisasi Program Food Estate Bekerjasama PT Gowa Tani Mandiri

MEDIAGEMPAINDONESIA.COM GOWA - Pengembangan food estate menjadi salah satu program strategis Nasional dalam rangka memperkuat dan menjaga ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani, terutama dimasa terjadinya perubahan iklim di Indonesia.

Food Estate adalah sebuah program jangka panjang pemerintahan Indonesia, yang berguna untuk jangka panjang ketahanan pangan dalam negeri.


Program food estate yang rencana akan dikembangkan oleh PT Gowa Tani Mandiri di Desa Pallantikang dan Desa Panaikang harus mampu mengintegrasikan pertanian dengan sektor pendukung lainnya seperti peternakan, perikanan, atau pun perdagangan dan jasa.


Solusi yang bisa dipertimbangkan untuk mendorong kesuksesan program food estate adalah memberdayakan kelompok masyarakat desa dan BUMDesa dalam mengembangkan sektor pertanian.


Program food estate harus didukung dengan kesiapan masyarakat desa. Paling tidak masyarakat memahami dasar sistem produksi, distribusi dan pola konsumsi konsumen sehingga tercipta iklim usaha pertanian yang berkelanjutan.


Hal ini di ungkapkan, Mustapa Dg Nangka Bacaleg No 6 Gerindra Dapil 2 meliputi Kecamatan Pattallassang, Bontomarannu, Parangloe dan Kecamatan Manuju, Sosialisasi rencanakan program pood estate,saat sosialisasi di desa Panaikang Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,, Sabtu (22/07).


Untuk itu, kata Mustapa Owner PT Gowa Tani Mandiri akan membuat sebagai studi kasus food estate di Desa Pallantikang dan Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa , Provinsi Sulawesi Selatan, saat ini siap mengelolah lahan pangan, hortikultura dan budidaya ikan air tawar yang nantinya mampu memberi kontribusi besar terhadap jalannya pembangunan pertanian nasional, utamanya dalam memenuhi kebutuhan pangan di pulau Sulawesi Selatan melalui program food estate.,jelasnya.


Lanjut Mustapa Dg Nangka, selaku Owner PT Gowa Tani Mandiri akan berkolaborasi dengan beberapa pihak dan akan menggandeng Investor kokal maupun Nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Gowa., tuturnya.


"Pengembangan ini sejalan dengan pengembangan komoditas pendukung hortikultura, peternakan, dan perkebunan pada area food estate".,tegas Mustapa Dg Nangka.



Mgi/Nur

9 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page