top of page
  • Gambar penuliszainal Munirang

"Petugas Loket Puskesmas Mogok, Digantikan Cleaning Service: SOP & Kualifikasi SDM Dipertanyakan"??

Pattallassang, Gowa-

Puskesmas Pattallassang merupakan salah satu puskesmas rawat inap yang melayani wilayah Desa Pattallassang, Pallantikang, Timbuseng, Borong Pala'la, dan Desa Sunggumanai. Sedangkan Desa Panaikang, Paccellekang, dan Desa Jenemadinging dilayani oleh Puskesmas Paccellekang yang dipimpin oleh Gandi Iswanto, S.Kep Ners.


Puskesmas Pattallassang terletak di tengah ibu kota Kecamatan Pattallassang dan dipimpin oleh drg. Akbar Arfan dengan didukung oleh 35 orang pegawai negeri sipil (PNS) dan 47 orang tenaga sukarela. Alamat Puskesmas Pattallassang berada di Dusun Sangnging-sangnging, Desa Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.


Puskesmas Pattallassang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap serta mendukung dengan SDM yang memadai. Namun, saat ini kembali mendapatkan sorotan dari warga.

Hal ini berawal dari pengalaman seorang pasien dengan inisial SS, warga Desa Pattallassang, yang datang untuk berobat karena batuk biasa. Namun, pasien tersebut pulang sebelum diperiksa. SS mengatakan bahwa ia mendapatkan kartu antrian nomor 13 namun tidak dipanggil oleh petugas loket kartu rekam medik.


Ketika SS bertanya kepada petugas loket, petugas tersebut mengatakan bahwa buku kartu rekam medik masih belum tersedia. SS meminta agar dapat diperiksa dan nantinya mendapatkan buku kartu rekam medik, namun petugas tetap pada pendiriannya bahwa pemeriksaan tidak dapat dilakukan tanpa buku rekam medik.


Akhirnya, SS pulang ke rumahnya karena telah menunggu sejak pagi dan frustrasi dengan lamanya waktu yang dihabiskan. SS berharap agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dan berharap ada evaluasi untuk peningkatan kualitas pelayanan, terutama di bagian loket kartu.


Selain itu, masalah pelayanan lambat untuk mendapatkan kartu rekam medik juga menjadi perhatian warga. Pada hari Rabu (09/08) 2023, petugas loket kartu rekam medik Puskesmas Pattallassang melakukan mogok kerja sehingga sampai pukul 09.15 belum ada pelayanan yang tersedia di loket kartu dengan banyaknya antrian pasien.


Berikut ini adalah nama-nama petugas loket kartu rekam medik yang mogok kerja pada saat itu: Nuringsang, Amd, Nursyamsi Sanusi, S Kep Ns, Asriani Anwar Amd Kep, Ayu Purnamasari, Amd, Ikhsan Aditya, dan Hajriani Amd.


Ironisnya, petugas yang menggantikan petugas loket yang mogok kerja adalah Akbar Amd. Keslin, Lis Puji Haryati, SE, dan Daeng Mantang (Cleaning Service) Puskesmas Pattallassang.


Saat media ini menghubungi Kepala Puskesmas Pattallassang, drg. Akbar Arfan melalui WhatsApp untuk meminta tanggapan terkait kejadian ini, hanya mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa ia minta maaf apabila ada masalah pribadi dan berharap dapat dimaklumi. Ia menekankan bahwa akan melakukan perbaikan internal dan meningkatkan kesehatan masyarakat.


Kamis, 10/8/2023, 17:06.

Editor (Nurdin, Dg. Bundu)




Comments


bottom of page