top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Perkuat Karakter Religius Warga Binaan, Lapas Makassar Gelar Pesantren Ramadan 1445 H

MAKASSAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar menggelar Pesantren Ramadan 1445 Hijriah bagi warga binaannya, Selasa (19/3). Kegiatan yang berlangsung di Masjid Da'watul Ihsan Lapas tersebut, selain untuk mengisi aktifitas selama ramadan juga untuk memperkuat karakter religus bagi warga binaan selama berada di Lapas Makassar.


Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, La Idi, yang hadir mengawasi kegiatan tersebut meminta agar seluruh peserta mengikuti pesantren ramadan dengan sungguh-sungguh untuk meraih manfaat dari kegiatan yang diikuti.


“Ikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, simak berbagai materi yang nantinya disampaikan oleh pemateri. Sehingga, ilmu yang dipelajari pada kegiatan pesantren ramadan dapat diterapkan, baik ketika menjalani pembinaan di Lapas maupun saat sudah kembali bersama keluarga dan masyarkat di luar,” ujarnya.


Pesantren Ramadan yang digelar Lapas Makassar akan berlangsung selama 3 hari, yakni dari Selasa (19/3) hingga Kamis (21/3). Merekaakan diberikan berbagai materi terkait penguatan karakter religius, baca tulis Al-Quran, tauhid, hadist, zakat dan lainnya.


Selepas pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari KH. Dr. Syahrir Nuhun, Lc., M.Th.I tentang Fikih Ramadan. Warga binaan antusias menyimak materi, yang sesekali diselingi dengan diskusi tanya jawab.


“Pesantren ramadan Lapas Makassar sangat bermanfaat bagi kami, sehingga saya mengetahui ilmu agama dan pastinya sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari,” pungkas salah seorang peserta pesantren ramadan, Ilham Bahar, usai ikuti materi pertama.


Pesantren Ramadan 1445 hijriah Lapas Makassar diharapkan mampu meningkatkan ketakwaan dan keimanan warga binaan. Memahami dan mampu menerapkan ragam ilmu yang didapat, menumbuhkan kebersamaan, berakhlakul karimah, serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Humas)


(Mgi/Ridwan U)

7 tampilan0 komentar
bottom of page