top of page
  • Gambar penulisRedaksi Media Gempa

Pangdam XII/Tpr Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD


MEDIAGEMPAINDONESIA.COM - Kubu Raya, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., memimpin upacara peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-78 tahun 2023. Bertempat di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr.Jumat, 15/12/2023.


Upacara diikuti para pejabat utama, prajurit dan PNS TNI di wilayah Garnizun Pontianak. Peringatan Hari Juang TNI AD adalah momen mengenang perjuangan pasukan TNI AD dalam mengusir Sekutu dalam pertempuran Palagan Ambarawa pada 12-15 Desember.


Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengatakan, Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI".


"Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam," katanya.

Pangdam menegaskan, Kemanunggalan TNI AD-Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, bangsa ini menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.


Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks.


"Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam

pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan

tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD," tegas Mayjen TNI Iwan Setiawan.


Usai memimpin upacara, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan melalui Vicon mengikuti upacara dan pengumuman hasil lomba karya bakti peringatan Hari Juang TNI AD dari lapangan Karebosi, Kota Makassar. Yang dipimpin oleh Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.



Mgi/Ridwan U

3 tampilan0 komentar
bottom of page