top of page
  • Gambar penuliszainal Munirang

Kepala Bidang PMD Kab. luwu bersama Pemdes Paccerakang Launching Layanan Desa Digital

Launching Layanan Desa Digital PDIC (Paccerakang Digital Information Center), Selasa, 20 Juni 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Desa Paccerakkang,Kecamatan Ponrang Selatan,Kabupaten Luwu.


Hadir dalam acara ini antara lain Kepala Bidang DPMD Kab. Luwu mewakili Kepala Dinas yaitu Ibu Jum dan Ibu Neng, Sekcam Ponrang Selatan Ibu Hajeriani, Kepala Desa Paccerakang Galaludding Banneringgi, ST, Ketua BPD Paccerakang Leman Pasassa, Aparat Desa Paccerakang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Bapak Aziz Aripuddin selaku CEO PT Adua Empat Business Center (Mitra Resmi OpenSID Kab. Luwu) beserta Tim, Serma Yudi Pratama dari mewakili Babinsa, Kepala Desa Buntu Karya Bapak Farham Taufik dan Kepala Desa Pattedong Selatan Bapak Ishak, perwakilan PPDI Luwu serta tamu undangan lainnya.


Kepala Desa Paccerakang Bapak Galaludding Banneringgi, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa ini adalah salah satu program yang masuk dalam RPJMDes 2018-2023 sekaligus program terakhir dari Pemerintah Desa Paccerakang yang ia pimpin sebelum masa jabatannya sebagai Kepala Desa berakhir sebentar lagi.

Lanjut kepala desa paccerakkang sangat bersyukur program ini bisa diwujudkan setelah kurang lebih 6 tahun memimpin Desa ini dan semoga bisa benar-benar memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa Paccerakang di era digitalisasi ini, dimana sebelumnya juga telah ada program keamanan desa berbasis digital dimana ada 22 CCTV yang terpasang di setiap sudut desa sehingga memudahkan dalam pemantauan situasi dan keamanan di desa Paccerakang.


Vendor program ini sekaligus Mitra OpenSID Luwu dari PT A24BC Bapak Aziz Aripuddin dalam sambutan awalnya memberikan sedikit penjelasan bahwa dengan hadirnya inovasi ini, Desa Paccerakang akan semakin mudah dikenal dunia luar, potensi yang ada di desa akan semakin mudah untuk di akses serta peluang terciptanya ekonomi digital desa makin terbuka luas.


Selain itu, program PDIC ini yang menggunakan sistem OpenSID bisa dimanfaatkan warga desa dalam mengurus administrasi persuratan secara digital tanpa harus ke kantor Desa cukup dengan mengakses Layanan Mandiri Desa atau link WhatsApp PDIC melalui smartphone dan Tim Operator PDIC siap melayani warga desa. Ini juga akan membuat Desa Paccerakang menjadi salah satu Desa yang siap menjadi Desa Cerdas kedepannya karena telah menjalankan program digitalisasi di desa ini.


Launching PDIC ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Ibu Hajeriani selaku Sekcam Ponrang Selatan di dampingi oleh Kepala Desa Paccerakang yang dilanjutkan dengan tayangan video fitur-fitur dari PDIC serta paparan mengenai apa itu Layanan Desa Digital dan manfaatnya kepada masyarakat.


(Mgi/Ridwan Umar)

Comments


bottom of page